FILOSOFI INSPEKSI

Secara Bahasa, inspeksi adalah  pemeriksaan dengan saksama bla bla bla bias dibaca sendiri di KBBI. Kalo Inspeksi menurut saya, nggak jauh beda dengan yang diartikan di KBBI tersebut yaitu intinya memeriksa dan memastikan bahwa peralatan yang diperiksa itu aman sesuai dengan Peraturan Pemerintah, Code & Standard serta Spesifikasi Pemilik/ Pemakai peralatan tersebut. Aturan-aturan tersebut di atas WAJIB dipatuhi guna keselamatan dalam pengoperasian peralatan yang digunakan.

Secara Filosofi, untuk pekerjaan inspeksi secara umum adalah sebagai berikut:
1.      Penelaahan Dokumen/ Document Review
Memastikan bahwa dokumen mengenai peralatan yang diinspeksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah, Code & Standard dan juga Spesifikasi Pemilik/ Pengguna Peralatan tersebut.
2.      Pemeriksaan Fisik
Memastikan bahwa peralatan yang diinspeksi sesuai dengan dokumen yang telah ditelaah sebelumnya.

Filosofi tersebut di atas dapat diimplementasikan di berbagai bidang khususnya di dalam bidang Oil & Gas. Filosofi tersebut pada akhirnya dapat dikembangkan ke dalam tahapan inspeksi dalam bentuk Inspection and Test Plan (ITP) yang berisi tentang tahapan-tahapan inspeksi akan tetapi, secara general, tetap berdasar pada 2 point di atas.

Demikian telah saya jelaskan mengenai filosofi inspeksi dan semoga bermanfaat. Di bawah akan saya jawab pertanyaan yang mungkin anda juga mengalaminya, jika ada pertanyaan lain saya akan coba jawab sebisa saya. Dan jika ada salah kata di dalam pengetahuan yang saya jelaskan saya mohon maaf dan mohon dapat dikoreksi.

Salam,
Halim Fuadi

FAQ
Q:  Bagaimana jika dokumen tidak memadahi?
A:   Akan saya jelaskan pada tulisan-tulisan selanjutnya ya.
Q:  Bagaimana jika dokumen tidak sesuai dengan peraturan pemerintah, code & standard dan spesifikasi pemilik/ pengguna peralatan?
A:   WAJIB disesuaikan demi keamanan dan keselamatan pada saat peralatan dioperasikan.
Q:  Bagaimana jika aturan-aturan tersebut berbenturan satu dengan yang lainnya?
A:   Ambil aturan yang lebih ketat jika terjadi benturan di point-point tertentu.
Q:  Bagaimana jika kondisi fisik tidak sesuai dengan dokumen yang ditelaah?
A:   Akan saya jelaskan pada tulisan-tulisan selanjutnya ya.

Comments

Popular posts from this blog

Dimulai (lagi) dari pekerjaan sebagai Mechanical Inspector (static)

TATA CARA INSPEKSI TEKNIS BEJANA TEKAN DAN PIPA PENYALUR